Selasa, 13 Juli 2010

trouble shooting pada printer

Troubleshooting adalah masalah yang timbul pasa hardware yang bisa terjadi akibat gangguan –gangguan yang sedang terjadi.Pada troubleshooting ini ada berbagai macam masalah-masalah yang muncul diantaranya troubleshooting pada printer dan masih banyak lagi troubleshooting yang lain.

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Troubleshooting printer adalah pemeriksaan pada printer yang mengalami gangguan sesuai dengan gejala –gejala yang terjadi.Ada banyak sekali macam printer etapi hanya 3 macam printer yang kita ketahui diantaranya jenis dotmatrik printer, inkjet printer, laserjet printer.Dari 3 macam printer tersebut berarti kita setidaknya bisa memperkirakan ada masalah yang akan terjadi,karena tidak semua printer itu bisa langsung dipakai akan tetapi pasti ada kendala-kendala yang akan terjadi.Banyak sekali orang yang mengalami kendala bila printer mereka sedang

mengalami masalah yang pasti sedikit sekali orang yang bisa membenahi printer mereka sendiri,mereka pasti mencari bantuan orang lain untuk membenahinya.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

B. Masalah yang sering dialami dan cara penyelesainnya

Dibawah ini contoh masalah yang sedang dialami printer Problem saat mengirim file yang penting ke printer Anda hanya melihat tulisan “Error writing to LPT1″muncul di layar monitor Anda. Kemungkinan printer Anda memang rusak dan membutuhkan perbaikan; tetapi sebelum Anda mengambil langkah tersebut, cobalah cara ini:

1. Periksa catu daya Anda dan suplai kertas.Pastikan printer sudah siap dan kertas sudah dalam baki printer. Bersihkan memori printer dengan mematikan printer, tunggu sebentar dan nyalakan kembali.

2. Periksa kabel Anda. Pastikan kabel printer Anda tertancap dengan benar pada printer maupun PC. Jika kabel yang Anda pakai sudah lama, keadaannya rapuh, atau terlalu panjang, sinyalnya mungkin tidak mampu mencapai tujuan pada kondisi saling berhubungan. Cobalah mengganti kabelnya. Jangan ragu untuk membelanjakan sekitar US$ 10 untuk memperoleh kabel berstandar IEEE 1284 yang berkualitas tinggi (bukan IEEE 1284-kompatibel).

3. Kini periksa port Anda.Masuklah ke Device Manager dengan mengklik kanan My Computer. Pilih Properties, pilih bagian “PORTS (COM dan LPT)”, dan klik dua kali pada LPT1 setting. Pastikan kotak “Device status” bebas dari konflik IRQ atau DMA.

4. Selesaikan konflik.Jika Anda menemukan konflik DMA dengan port paralel Anda, cek untuk melihat apakah konfigurasinya memakai ECP. ECP digunakan pada kebanyakan printer baru; teknik ini mempercepat pencetakan dengan menggunakan RAM PC Anda. Jika printer Anda memakai ECP dan Anda mendapatkan konflik DMA, berikan port paralel Anda DMA yang tidak terpakai melalui program setup CMOS atau Device Manager. Jika printer Anda tidak mendukung ECP, Anda perlu mengkonfigurasi port paralel ke yang lebih lamban, yang merupakan setting yang lebih kompatibel dalam setup CMOS. Kebanyakan PC menawarkan empat setting. Setting Standard adalah yang paling lambat, tetapi paling umum digunakan.

5. Gunakan driver terbaru.Driver dapat menjadi terkorupsi atau kadaluarsa. Masuklah ke folder Printers (pilih Start*Settings*Printers), dan hapus icon printer Anda. Lalu periksa situs Web vendor printer Anda untuk melihat apakah ada driver yang diupdate; jika Anda menemukannya, download dan install driver tersebut. Jika tidak, install ulang driver printer yang ada melalui icon Add Printer.
Masalah kedua;
Canon S4500 Troubleshooting Services

Jika terjadi error pada printer Canon S4500 anda dengan beberapa bunyi beep mungkin informasi di bawah ini membuat anda memahami kenapa printer tidak bekerja :

2x beeps : Out of paper, or paper feed error (kertas habis)
3x beeps : Paper jam (kertas macet)
4x beeps : BJ Cartridge out of ink (tinta habis)
5x beeps : Cartridge not installed correctly (cartridge kurang pas)

6x beeps : BJ Cartridge not installed (tidak ada cartridge)
7x beeps : BJ Cartridge defective (cartridge harus diganti)
8x beeps : Waste ink tank almost full (spon tinta bekas hampir penuh)
9x beeps : Automatic print head alignment failed

Masalah ketiga
Lampu POWER berkedip warna orange dan hijau bergantian dengan suara beeps maka : Service Error

1. Matikan printer.
2. Tahan tombol Reset.
3. Sambil menahan tombol Reset, tekam tombol Power.
4. Tetap tahan tombol Power, kemudian lepas tombol Reset (akan terdengar bunyi beep 1x).
5. Tetap tahan tombol Power, tekan tombol Reset 2x.
6. Lepas tombol Power, maka printer akan memasuki Service Mode.
7. Setelah print-head berhenti bergerak, tekan tombol Reset 3x, kemudian tekan tombol Power.
Printer dibagi menjadi 3 bagian diantaranya :
1. printer dotmatrik
2. printer inkjet
3. printer laserjet
Dibawah ini adalah masalah yang dihadapi pada macam-macam printer dan cara menyelesaikannya:
1 Langkah Troubleshooting printer dotmatrix

Skenarionya, sebuah pc terhubung dengan sebuah printer dot matrix, melalui port lpt1. Tetapi pada saat digunakan tidak berjalan, padahal sebelumnya berjalan dengan baik alias tidak bisa nge-print. bagaimana langkah-langkah untuk menyelesaikannya ?

1. Pastikan printer menyala/ on, dan tidak ada indikator error atau pause.
2. Pastikan kabel terhubung dengan baik.
3. Coba ketikan perintah dir > prn atau dir > lpt1
4. Apabila masih tidak bisa, maka coba lihat di menu Control Panel > Printer lalu klik kanan icon printer yang dimaksud, pada menu yang muncul apakah pilihan pause printing terdapat tanda centang/ cecklist, jika ia hilangkan, dan coba langkah no 3
5. Jika tidak bisa juga maka coba pada langkah no 4, icon printer diklik ganda, dan lihat apakah terjadi spooling atau tidak , jika ya, maka hapus dengan menggunakan tombol delete. Setelah spooling hilang, coba lagi langkah ke 3.
6. Jika belum bisa, coba matikan printer, tekan tombol pause, tahan, komputer dinyalakan lagi, setelah printer nyala baru tombol pause dilepaskan. maka printer akan melakukan self test.
7. Jika masih belum bisa juga maka restart PC, dan masuk ke BIOS menu, dan pastikan option Pararel Port tersetting dengan benar. Kembali ke windows, dan coba dengan langkah ke 3.
8. Jika masih belum bisa ngeprint, coba masuk dos mode, ketikan perintah net use diikuti dengan enter. Jika terdapat lpt1 di route maka nonaktifkan dengan perintah net use lpt1 /delete diikuti dengan enter. lakukan langkah ke-3.
9. Bila sakit berlanjut, Langkah terakhir yang bisa saya share adalah tanyakan kepada akhlinya .

2 Tips Atasi Masalah Printer Inkjet yang Tidak Bisa Mencetak
Tips ini untuk Printer HP dan CanonWah printer ini kok nyetak dokumennya putus-putus sih,
wah kok ga bisa ngeprint sih…
tintanya abis tuh, beli aja tinta yang asli…
Sepenggal komentar dari orang-orang yang Frustek a.k.a Frustasi karena gagal mencetak dokumen/image dari komputernya. Gw disini bukan mau bantuin dataprint buat jualan lo, tapi gw suka dengan cara mereka yang tetap gigih ditengah persaingan (caci dan maki dari konsumen/produsen printer) refill tinta printer.
Printer lnkjet adalah printer yang mencetak dengan cara menyemprotkan tinta melalui lubang-lubang penyemprotan tinta (head). Lubang-lubang itu berdiameter sekitar kurang dari 0.1 milimeter. Maka itulah lubang-lu bang itu mudah sekali tersumbat dengan tinta yang mengering apabila Cartridge Tinta dibiarkan diudara terbuka.
Pada printer-printer lnkjet yang dilengkapi dengan 2 (dua) Cartridge Tinta, yaitu Hitam dan Warna, dan dimana hanya 1 (satu) Cartridge Tinta yang dapat digunakan pada setiap saat, seperti yang berlaku dengan Printer: HP Deskjet 400C, Canon BJC-210 dan Epson Stylus Color LLS atau Stylus Color 200, simpanlah Cartridge Tinta yang tidak sedang digunakan pada tempat yang bersih dan tertutup rapat dan gunakanlah cartridge t1nta hitam untuk pencetakan text (tulisan), karena pencetakanakan jauh lebih cepat dan jauh lebih hemat.
Pada printer-printer lnkjet tertentu seperti Epson Stylus, hasil cetak pada saat Catridge Tinta baru saja selesai di-isi ulang mungkin menunjukkan hasil cetakan yang ber-garis-garis putih seperti pada saat isi tinta sudah menipis, hal ini disebabkan oleh terciptanya gelembung udara pada saluran tinta menuju ke lubang penyemprotan tinta (head). Cara mengatasi adalah dengan melakukan prosedur ‘head cleaning’ yang dijelaskan pada buku petunjuk (manual) printer bersangkutan, karena proses ‘head cleaning’ ini selain membersihkan lubang penyemprotan tinta (head), juga menyedot tinta ber-ulang kali sehingga dapat mendorong gelembung udara sampai keluar melalui head.
Khusus untuk Printer lnkjet Epson Stylus, usahakan jangan terlalu sering menyalakan dan mematikannya, karena jenis printer ini mengkonsumsi tinta yang berlebihan pada setiap kali dinyalakan (Tanyakanlah hal ini pada produsen atau agen printernya).

Temporary Reset untuk Canon Pixma iP1000:
• Cabut KABEL LISTRIK dan Printer Pixma
• Buka Dock Printer
• Tahan tombol POWER
• Pasang KABEL LISTRIK ke Printer Pixma
• Sambil menahan TOMBOL POWER, Tutup Dock Printer
• Lepas TOMBOL POWER
• Nyalakan Printer
Cara ini hanya berguna untuk sementara. Jika KABEL LISTRIK Printer dicabut dan dipasang di tempat lain, maka anda perlu melakukan RESET dan awal kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management