Selasa, 13 Juli 2010

Printer

Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
Jenis Printer
Dot-Matrix Printer



Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

Ink Printer



Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

Laser Printer



Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering.

Definisi Printer

Piranti atau perangkat Printer adalah sebuah alat untuk mencetak data yang dikirimkan oleh komputer. Data yang dikirimkan dapat berupa tulisan, tabel, gambar maupun foto.

Printer secara normal dapat bekerja dengan dilengkapi peralatan tambahan yaitu :
Kabel Data

Digunakan untuk menghubungkan antara printer dengan komputer. Dua jenis kabel data yang sering digunakan dalam printer yaitu : USB ( Universal Serial Bus) atau Parallel.



Power Supply

Menghubungkan printer dengan sumber listrik. Terdiri dari adaptor dan kabel penghubung ke printer.



Bagian-bagian Printer Casing printer
Panel operator
Tempat kertas masuk
Tempat kertas keluar
Penutup depan

Istilah dalam printer

Drum Bagian dari printer laser yang digunakan untuk memutar toner ke sebuah halaman. Ini kadang-kadang tersertakan bersama kartrid toner.



Parallel port Soket tunggal di bagian belakang PC yang biasanya digunakan untuk berhubungan dengan printer atau scanner.



Toner Tinta serupa bubuk yang digunakan dalam printer laser atau fotokopi. Sebagian besar tipe toner adalah karsinogenik.



USB Singkatan dari Universal Serial Bus. Standar koneksi yang cepat dan mudah dari periferal eksternal seperti printer dan scanner ke PC Anda



Resolusi Jumlah detil yang terlihat pada gambar, entah itu di layar monitor atau di hasil cetak. Untuk printer dan scanner, resolusi diukur dengan satuan dot per inci (dpi) - jumlah titik tinta atau toner dalam satu inci persegi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management